logo blog

Index

Monday, July 17, 2017

Cara upload gambar postingan yg benar dan seo Optimization

Tips and trick upload gambar/foto untuk posting article yg benar Dan seo optimization

Kali ini cara optimasi  gambar, image, atau foto yang kita sisipkan atau masukkan ke postingan blog ramah mesin pencari (SEO Friendly) dan tidak memberatkan loading blog, perlu usaha atau "energi ekstra" untuk mengoptimalkan seo image.

Yang paling sering diabaikan oleh blogger pemula adalah soal UKURAN (file size) dan NAMA FILE (file name).

Seringkali blogger pemula asal upload gambar yang ia punya, tidak peduli dengan besaran ukuran file dan nama filenya.

Biasanya, gambar atau foto hasil jepretan kamera berukuran file 3-5 MB. Gede baget! Sangat memperlambat loading blog jika langsung diupload atau dimasukkan ke postingan blog.

Biasanya, gambae atau foto hasil jepretan kamera nama filnye DMC00, PIC2000, IMGXXX, dan sejenisya. GJ alias gak jelas. Mesin pencari juga tidak akan mengindentifikasi itu gambar apa. Karena yang diindeks oleh Google adalah nama file dan postingan terkait.

Nah, mari kita bahas soal dua hal ini terkait gambar postingan agar seo friendly, yakni ukuran file dan nama file.

Ukuran File Gambar

Ukuran file (file size) gambar untuk blog atau website sebaiknya di bawah 100kb. Lebih kecil lebih baik. Jangan sampai ber-MegaByte (MB), agar tidak memberatkan loading blog.

TIPS: Optimalkan ukuran gambar di Image Optimizer
Klik Choose fileKlik Show all resultsKlik optimizeTunggu proses hingga selesai


Akan banyak pilihan hasil pengoptimalan gambar. Pilih yang ukuran filenya seringan mungkin, namun gambarnya tetap jernih, jelas, tidak buram (blur). Pilih ukuran yang di bawah 100kb, sebaiknya di bawah 50kb.

Dimensi Gambar
Ukuran file juga menyangkut dimensi, yakni lebar dan panjang gambar. Ukuran lebar-panjang gambar sebaiknya maksimal ukuran area postingan, biasanya maksimal 600 hingga 700 pixel.

Ubah ukuran lebar-panjang gambarnya di Microsoft Office Picture Manager.


Nama File Gambar juga bisa sekaligus diedit di sini. Klik kanan gambar dan pilih Rename.

Nama File

Mesin telusur tidak mengidentifikasi gambar seperti kita, manusia. Robot mesin pencari hanya mengenali gambar dari nama filenya.

Karenanya, file gambar pun harus diberi nama sesuai dengan foto dan mengandung kata kunci. Jangan sampai file gambar bernama asli seperti hasil jepretan kamera.

Cara mengeditnya antara lain dengan menggunakan Microsoft Office Picture Manager, CorelDraw, atau PhotoShop.

Bisa juga mengubah nama file dengan membuka foldernya di Window Explorer:
1. Klik kanan gambar
2. Pilih Rename

Jangan Lupa: Isi Image Properties!

Setelah gambar di-upload ke postingam, jangan begitu saja ditampilkan atau dipublish. Optimalkan juga sang image itu agar SEO Friendly, dengan cara:
Klik gambar sekaliKlik posisinyaKlik Properties Isi title text dan alt text-nya sesuai dengan nama gambar atau judul postingan.


Demikian Cara Upload Gambar/Foto yang Benar ke Postingan Blog agar postinga dan blog kita lebih ramah mesin pencari sehingga mudah dan cepat indexing Google Bing Dan Yahoo

Sekian Salam sukses santri media




EmoticonEmoticon